Live Your Best Life in 2024

Saat memasuki tahun 2024, kita perlu menjalani dengan tujuan dan kepuasan. Penting agar kita memberi kesempatan pada diri kita untuk menetapkan tujuan hidup yang realistis, penting juga mengambil tindakan nyata untuk mencapai tujuan tersebut, dan pentingnya menikmati prosesnya.

Hal ini bisa terjadi jika tujuan yang kita tentukan di tahun 2024 realistik, yakni dengan kesesuaian bakat dan talenta unik yang kita miliki, artinya sesuai kapasitas diri kita. Selain itu kita sediakan diri berkontribusi pada sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri, serta memberikan dampak positif bagi dunia.

Tujuan tersebut perlu dibuat dengan konsep SMART:

Spesifik. Goal yang spesifik akan lebih mudah untuk dicapai. Misalnya, daripada mengatakan “Saya ingin menjadi kaya,” lebih baik mengatakan “Saya ingin memiliki penghasilan sebesar Rp100 juta per tahun.”

Terukur. Goal yang terukur akan membantu kita untuk mengukur kemajuan kita secara berkala. Misalnya, daripada mengatakan “Saya ingin langsing,” lebih baik mengatakan “Saya ingin menurunkan berat badan 5 kilogram dalam 1 bulan.”

Dapat dicapai. Goal yang dapat dicapai akan meningkatkan kepercayaan diri kita. Misalnya, daripada mengatakan “Saya ingin menjadi Gubernur,” sedangkan kita tidak punya lingkaran pengaruh sewilayah propinsi, lebih baik mengatakan “Saya ingin menjadi Manajer di tempat Kerja.”

Relevan. Goal yang relevan akan membantu kita untuk tetap fokus pada tujuan kita. Misalnya, daripada mengatakan “Saya ingin memiliki rumah mewah,” lebih baik mengatakan “Saya ingin memiliki rumah yang nyaman, lengkap dengan fasilitasnya.”

Memiliki waktu yang jelas. Goal yang memiliki waktu yang jelas akan membantu kita untuk tetap termotivasi. Misalnya, daripada mengatakan “Saya ingin menjadi pengusaha sukses,” lebih baik mengatakan “Saya ingin memiliki perusahaan sendiri dalam 5 tahun.”

Bayangkan nanti kehidupan yang Anda jalani penuh dengan:

1. Kegembiraan dan kebahagiaan: Mengalami rasa puas yang mendalam dan memancarkan energi positif yang menarik orang lain.

2. Percaya diri dan harga diri: Percaya pada diri sendiri dan kemampuan Anda, berdiri tegak dan menghadapi dunia dengan harga diri yang tak tergoyahkan.

3. Kedamaian dan ketahanan batin: Menghadapi tantangan hidup dengan anggun dan kuat, karena tahu bahwa Anda memiliki kekuatan untuk mengatasi rintangan apa pun.

4. Hubungan yang memuaskan: Nikmati hubungan yang mendalam dan bermakna dengan orang-orang terkasih, yang dibangun di atas kepercayaan, komunikasi, dan saling mendukung.

5. Tujuan dan makna: Temukan kontribusi unik Anda kepada dunia dan jalani hidup yang membuat perbedaan.

Oleh karena itu diperlukan kiat berikut :
Hidup berarti jika kita mampu menata diri
Hidup sukses jika kita mampu berberes diri
Agar hidup makin berlimpah rejeki

Tatanan diri adalah kondisi diri kita yang teratur dan rapi. Tatanan diri ini mencakup berbagai aspek, seperti fisik, mental, dan spiritual. Fisik yang teratur dan rapi akan membuat kita lebih sehat dan nyaman. Mental yang teratur dan rapi akan membuat kita lebih tenang dan fokus. Spiritual yang teratur dan rapi akan membuat kita lebih dekat dengan Tuhan dan memiliki tujuan hidup yang jelas.

Beres diri adalah kondisi diri kita yang bebas dari sampah, baik sampah fisik maupun sampah mental. Sampah fisik adalah benda-benda yang tidak terpakai atau sudah rusak. Sampah mental adalah pikiran-pikiran negatif, kecemasan, dan kemarahan. Beres diri dari sampah fisik dan mental akan membuat kita lebih ringan dan bebas.

Hidup berarti adalah hidup yang memiliki makna dan tujuan. Hidup yang berarti adalah hidup yang bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan. Hidup yang berarti adalah hidup yang dijalani dengan penuh cinta dan kasih sayang.

Hidup sukses adalah hidup yang mencapai tujuan-tujuannya. Tujuan hidup dapat berupa tujuan pribadi, tujuan keluarga, atau tujuan masyarakat. Hidup sukses adalah hidup yang penuh dengan kebahagiaan dan kepuasan.

Semoga 2024 makin berlimpah rejeki adalah harapan agar tahun 2024 menjadi tahun yang penuh dengan keberkahan dan kemakmuran. Rejeki tidak hanya berupa materi, tetapi juga kesehatan, kebahagiaan, dan kedamaian.

Berikut adalah beberapa tips untuk menata diri dan berberes diri:

1. Fisik
Jaga kebersihan diri dan lingkungan, Olahraga secara teratur, Makan makanan yang sehat, Istirahat yang cukup

2. Mental
Pikiran positif, Fokus pada hal-hal yang baik, Bersyukur atas apa yang telah dimiliki, Memaafkan diri sendiri dan orang lain

3. Spiritual
Beribadah kepada Tuhan, Membaca Alkitab atau kitab suci lainnya, Berdoa, Berkumpul dengan orang-orang yang memiliki nilai-nilai spiritual yang sama.

Dengan menata diri dan berberes diri, kita dapat menjalani hidup yang lebih berarti dan sukses. Jika menemui kendala, hubungi penulis di sbalgies@gmail.com.

Penulis :
Soffy Balgies, M.Si Psikolog

Praktisi NLP, POY Level 1, akademisi, penulis buku, psikoterapis, Trainer CTC Therapy dan SEFT Total Healing

One Reply to “Live Your Best Life in 2024”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *