Creative Problem Solving: Kunci Sukses di Era Digital

Di era digital yang semakin dinamis, kemampuan creative problem solving menjadi semakin penting.

1. Pentingnya Creative Problem Solving

Creative Problem Solving membantu kita pandai melihat masalah dari perspektif yang berbeda dan karenanya bisa mendaptkan alternatif solusi yang lebih kreatif dan inovatif untuk menyelesaikan berbagai masalah yang silih berganti. Semantara itu potensi teknologi, terutama kecerdasan buatan (AI) yang sangat canggih, belum termanfaatkan secara optimal.

2. Ciri-ciri Team atau Individu yang Kreatif

Team atau individu yang kreatif biasanya memiliki ciri-ciri berikut:

  • Fluency: Lancar dan berani mengemukakan ide-ide alternatif secara cepat dan mudah  tanpa hambatan mental blocking, meskipun ide tersebut belum tentu bisa dipakai.
  • Flexibility: Kemampuan untuk melihat masalah dari perspektif yang berbeda sedemikian sehingga  menghasilkan solusi yang kreatif.
  • Originality: Kemampuan dana keberanian berinisiatif  untuk menghasilkan ide-ide baru yang unik dan belum pernah ada sebelumnya.
  • Elaboration: Kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru secara lebih rinci dan mendalam hingga tataran implementasi.

3. Berikut ini beberapa tips untuk menjadi kreatif:

  • Buka pikiran dan jangan takut untuk mencoba hal-hal baru. Misalnya, cobalah untuk belajar hal-hal baru, bereksperimen dengan ide-ide baru, atau melakukan hal-hal yang biasanya tidak Anda lakukan.
  • Biasakan untuk mengajukan ide alternatif, meskipun belum tentu bisa dipakai. Hal ini dapat membantu Anda untuk melihat masalah dari berbagai sudut pandang dan menghasilkan solusi yang lebih kreatif.
  • Berlatihlah berpikir di luar kebiasaan (out of the box). Hal ini dapat membantu Anda untuk menghasilkan ide-ide yang unik dan inovatif.
  • Jangan merasa bersalah, apalagi marah jika ide Anda tidak dipakai. Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda, dan tidak semua ide akan diterima oleh semua orang. Jika ide tidak diterima, bersikaplah biasa saja, jangan merasa bersalah apalagi marah.
  • Jangan malu jika ditertawakan karena dianggap tidak masuk akal. Banyak hal yang saat ini menjadi solusi hebat dulunya dipandang tidak masuk akal, bahkan ditertawakan orang. Jadi jangan mau punya ide mskipun kadang ditertawakan karena dianggap tidak masuk akal.
  • Berkumpullah dengan orang-orang yang memberikan dukungan. Orang-orang yang kreatif dapat membantu Anda untuk mengembangkan kreativitas Anda. Sedangkan orang-orang yang memberikan dukungan membuat ide anda hidup dan berguna.
  • Gunakan Artificial Intelligence (AI). AI dapat membantu Anda untuk melihat masalah dari berbagai sudut pandang dan menghasilkan solusi yang lebih kreatif.
  • Kirimkan team anda ke pelatihan kreatifitas. Kursus atau pelatihan kreatifitas dapat membantu Anda untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan Anda tentang kreativitas secara cepat dan terukur.

Kesimpulan

Dengan selalu mengembangkan kemampaun creative Problem Solving bagi team, dapat membuat organisasi lebih siap menghadapi tantangan-tantangan yang semakin kompleks di era digital.

***

Saatnya memperkenalkan kepada team kita untuk menghadapi kompleksitas yang semakin meningkat dengan potensi teknologi, terutama kecerdasan buatan (AI). Berikan team anda training “AI for Creative Team” untuk mempelajari cara memanfaatkan AI untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah.

Info training: KLIK DI SINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *