Mengupas Hal-Hal Unik Bahasa Indonesia yang Jarang Disadari

Oleh: Prasetyo Adi Wibowo

Sebagai bahasa resmi Indonesia, Bahasa Indonesia dipakai oleh sekitar 270 juta orang dan memiliki kekayaan serta keberagaman yang unik. Beberapa fakta menarik tentang Bahasa Indonesia yang seringkali tidak diketahui banyak orang antara lain:

Pertama, Bahasa Indonesia cenderung sulit diidentifikasi hanya dari rekaman suaranya karena pengucapannya yang lurus dan terkesan tanpa irama.

Kedua, Bahasa Indonesia menduduki peringkat ke-9 sebagai bahasa paling banyak digunakan di dunia dengan jumlah penutur mencapai 270 juta orang.

Ketiga, Bahasa Indonesia juga menjadi bahasa resmi kedua di Vietnam sejak tahun 2007, bertujuan untuk meningkatkan studi Bahasa Indonesia dan menjaga hubungan bilateral antara kedua negara.

Selain itu, Bahasa Indonesia memiliki kekhasan dalam jumlah huruf vokalnya yang mencapai 8, yaitu a, i, u, e, o, ai, au, dan oi, menjadikannya sebagai bahasa dengan jumlah huruf vokal terbanyak di dunia. Lalu, jumlah kata ganti orang dalam Bahasa Indonesia mencapai 14, termasuk kata-kata seperti saya, kamu, dia, dan lain-lain, yang menjadikannya sebagai bahasa dengan jumlah kata ganti orang terbanyak di dunia.

Fakta-fakta ini menegaskan kekayaan dan keberagaman Bahasa Indonesia sebagai bagian dari warisan budaya yang penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *