Insecure: Nggak Asyiknya Ngerasa Kayak Kaleng Kosong

Nama : Tiara Nafisa Arifin, Kelas : X PPLG 6

Sekolah : SMK Telkom Purwokerto

Yo yo yo, gen z! Pernah nggak sih ngerasa kayak kaleng kosong? Nggak berharga, nggak penting, dan kayaknya nggak pantes buat dapetin hal-hal yang bagus? Nah, kalau pernah, itu namanya insecure, gengs.

Insecure itu kayak monster di bawah kolong tempat tidur, selalu ngikutin kita. Bawaannya jadi ngerasa kayak selalu kurang, selalu salah, dan nggak pernah cukup baik. Entah itu ngerasa penampilan kita nggak oke, nilai akademis kita pas-pasan, atau hidup kita nggak se-aesthetic postingan orang lain di sosmed.

Apa sih penyebab insecure?

Yah, banyak gengs. Bisa jadi karena perkataan orang lain yang nyakitin, pengalaman masa lalu yang traumatis, atau tekanan dari lingkungan. Media sosial juga jago bikin kita insecure, ngelihat orang-orang yang kelihatannya sempurna bikin kita ngerasa kayak hidup kita gagal.

Insecure itu nggak asyik!

Beneran, gengs. Insecure itu nyedot energi kita, bikin kita nggak bisa fokus, dan jadi nggak percaya diri. Kita jadi takut mencoba hal-hal baru, takut gagal, dan takut dicap nggak becus. Lama-lama, insecure bisa bikin kita depresi loh.

Tapi, nggak usah khawatir!

Insecure itu bisa diatasi, gengs. Yuk, kita belajar bareng-bareng caranya:

  1. Kenali dan terima dirimu apa adanya.

Nggak ada yang sempurna di dunia ini, gengs. Kita semua punya kelebihan dan kekurangan. Fokuslah pada kelebihanmu dan belajar menerima kekuranganmu.

  1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain.

Kita semua punya perjalanan hidup yang berbeda. Nggak perlu iri sama pencapaian orang lain, fokus aja sama perjalananmu sendiri.

  1. Stop feed the insecure monster.

Kurangi scroll sosmed yang bikin insecure. Kurangi dengerin komentar negatif dari orang-orang toxic. Ganti circle pertemanan kalo perlu.

  1. Lakukan hal-hal yang bikin kamu happy.

Ngejar hobi, olahraga, ngumpul sama circle yang positif, atau apapun yang bikin kamu feel good.

  1. Minta bantuan kalau perlu.

Nggak apa-apa minta bantuan ke orang terdekat, therapist, atau psikolog. Mereka ada buat support kamu.

Selain tips keren yang udah disebutin tadi, ada beberapa trik ekstra yang bisa kamu coba buat ngadepin si monster insecure ini, gengs:

  1. Positive Affirmations: Coba deh, setiap hari sebelum mulai aktivitas, ucapin hal-hal positif tentang dirimu sendiri. Misalnya, “Aku punya kemampuan yang luar biasa” atau “Aku layak buat meraih kesuksesan.” Hal ini bisa bantu ubah mindsetmu jadi lebih positif.
  2. Cari Mentor atau Inspirator: Temuin orang yang bisa jadi mentor atau inspirasi buat kamu. Belajar dari pengalaman mereka bisa bantu tingkatkan rasa percaya diri dan motivasi.
  3. Catat Hal Positif: Buat jurnal kecil buat nyatet hal-hal positif yang terjadi setiap hari. Nulis hal-hal kecil yang bikin kamu senyum atau sukses kecil yang kamu capai. Nanti kamu bakal sadar, banyak hal baik di sekitarmu.
  4. Praktik Self-Care: Jangan lupa jaga diri dengan baik, gengs! Mandi, makan sehat, olahraga, atau melakukan hal-hal yang bikin kamu relax bisa bantu atasi perasaan insecure.
  5. Belajar dari Kegagalan: Gagal itu bukan akhir dari segalanya, tapi kesempatan buat belajar. Jadi, jangan takut buat gagal. Ambil hikmahnya, dan bangun lagi dari situ.
  6. Cari Kelompok Dukungan: Gabung sama kelompok atau komunitas yang punya minat yang sama. Bisa online atau offline. Sharing cerita dan pengalaman sama orang-orang yang positif bisa bantu banget, gengs!

Inget, insecure itu nggak permanen!

Kita bisa belajar untuk mengatasinya dan jadi versi terbaik dari diri kita sendiri. So, stay strong, gen z! You’ve got this!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *