AI di Sekitarmu: Kamu Sudah Tahu?

Nama : Keysha Naurah Pambudi , Kelas : X PPLG 6, Sekolah : SMK Telkom Purwokerto

 

Pendahuluan

Wow, AI lagi jadi tren banget, ya? Betul banget, nih. AI atau kecerdasan buatan udah jadi bagian sehari-hari kita, lho. Mulai dari gawai yang kita gunain, sampe streaming yang kita demen, semuanya pakai teknologi AI.

 

Isi

Apa itu AI?

AI itu kecerdasan buatan yang tiru kecerdasan manusia. AI bisa buat macem-macem, kayak:

  1. Mesin belajar.
  2. Pemprosesan bahasa alami.
  3. Pandangan komputer.
  4. Logika fuzzy.

 

Contoh Pemakaian AI dalam Kehidupan Sehari-hari

Ini dia beberapa contoh gimana AI dipake dalam keseharian:

 

A. Pencarian

AI dipake buat nge-boost akurasi dan relevansi hasil pencarian. Misalnya, waktu kita nyari “resepi nasi goreng”, AI bakal kasih hasil pencarian yang cocok sama kata kunci yang kita ketik.

 

B. Rekomendasi

AI dipake buat ngasih rekomendasi produk atau layanan yang sesuai sama minat kita. Misalnya, pas kita lagi belanja online, AI bakal kasih rekomendasi produk yang mungkin kita suka, berdasarkan sejarah belanja kita.

 

C. Personalisasi

AI dipake buat ngebuat pengalaman pengguna jadi lebih personal. Misalnya, waktu kita buka aplikasi sosial media, AI bakal tampilin konten yang sesuai sama minat kita.

 

Manfaat AI dalam Kehidupan Sehari-hari

AI punya banyak manfaat buat kita sehari-hari, kayak:

  1. Ngebantu kerjaan jadi lebih gampang.
  2. Meningkatkan efisiensi.
  3. Ningkatin akurasi.
  4. Nambahin sentuhan personalisasi.

 

Tantangan Pemakaian AI

Walaupun AI punya banyak untungnya, tapi juga ada beberapa tantangan yang perlu diperhatiin, kayak:

  1. Bias.
  2. Keamanan.
  3. Etika.

 

Penutup

AI adalah teknologi yang makin berkembang dan bakal makin sering kita pake dalam kehidupan sehari-hari. Kita perlu paham dan gunain AI dengan bijak supaya untungnya bener-bener maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *