Pendidikan Di Era Teknologi

Oleh: Salah satu peserta Criting Writing With AI

Pendidikan masyarakat di era teknologi adalah pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas, akses, dan relevansi pendidikan bagi masyarakat. Pendidikan masyarakat di era teknologi memiliki beberapa tujuan, antara lain:
• Meningkatkan literasi digital masyarakat, yaitu kemampuan untuk mengakses, memahami, menggunakan, dan menciptakan informasi dengan menggunakan teknologi digital.
• Mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan, yaitu keterlibatan aktif masyarakat dalam menentukan, merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi mereka.
• Membangun kapasitas masyarakat, yaitu pemberian kesempatan dan fasilitas kepada masyarakat untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dan peluang di era teknologi.
• Membentuk karakter masyarakat, yaitu pembinaan nilai-nilai moral, etika, dan kewarganegaraan yang baik bagi masyarakat, sehingga mereka dapat berperan sebagai warga negara yang bertanggung jawab, berdaya saing, dan berkontribusi positif bagi bangsa dan dunia.
Pendidikan masyarakat di era teknologi dapat dilakukan melalui berbagai metode, media, dan sumber belajar, seperti:
• Pembelajaran daring (online), yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan Internet dan platform digital, seperti website, aplikasi, video, podcast, dan lain-lain. Pembelajaran daring dapat memberikan fleksibilitas, efisiensi, dan keragaman dalam pembelajaran, serta memungkinkan masyarakat untuk belajar kapan saja dan di mana saja.
• Pembelajaran tatap muka (offline), yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan bertemu langsung antara pendidik dan peserta didik, atau antara peserta didik dengan peserta didik lainnya. Pembelajaran tatap muka dapat memberikan interaksi, kolaborasi, dan feedback yang lebih baik dalam pembelajaran, serta memungkinkan masyarakat untuk belajar bersama-sama dan saling mendukung.
• Pembelajaran hibrida (blended), yaitu pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka, dengan memanfaatkan kelebihan dan mengatasi kekurangan dari masing-masing metode. Pembelajaran hibrida dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih kaya, menarik, dan bermakna bagi masyarakat.
Pendidikan masyarakat di era teknologi juga memerlukan dukungan dari berbagai pihak, seperti:
• Pemerintah, yaitu lembaga negara yang bertanggung jawab untuk membuat kebijakan, menyediakan anggaran, dan mengawasi pelaksanaan pendidikan masyarakat di era teknologi. Pemerintah harus memastikan bahwa pendidikan masyarakat di era teknologi dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama yang berada di daerah terpencil, terbelakang, dan tertinggal.
• Lembaga pendidikan, yaitu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan masyarakat di era teknologi, baik formal maupun nonformal. Lembaga pendidikan harus memastikan bahwa pendidikan masyarakat di era teknologi memiliki kurikulum, metode, media, dan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masyarakat, serta memiliki tenaga pendidik yang kompeten, profesional, dan berintegritas.
• Masyarakat, yaitu kelompok orang yang menjadi sasaran dan pelaku pendidikan masyarakat di era teknologi. Masyarakat harus memiliki motivasi, minat, dan komitmen untuk mengikuti pendidikan masyarakat di era teknologi, serta memiliki sikap kritis, kreatif, dan kolaboratif dalam pembelajaran.
Pendidikan masyarakat di era teknologi merupakan pendidikan yang penting dan strategis untuk menghadapi perubahan dan tantangan di era digital. Pendidikan masyarakat di era teknologi dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, seperti:
• Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yaitu kemampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik materiil maupun nonmateriil, dengan menggunakan teknologi digital.
• Meningkatkan kemandirian masyarakat, yaitu kemampuan masyarakat untuk mengatasi masalah dan mengambil keputusan sendiri, tanpa bergantung pada pihak lain, dengan menggunakan teknologi digital.
• Meningkatkan partisipasi masyarakat, yaitu kemampuan masyarakat untuk berkontribusi dalam pembangunan, baik di tingkat lokal, nasional, maupun global, dengan menggunakan teknologi digital.
Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang pendidikan masyarakat di era teknologi, Anda dapat membaca beberapa artikel yang saya temukan di web, seperti:
• Transformasi Pendidikan di Era Digital: Menghadapi Tantangan dan Peluang Baru: Artikel ini membahas tentang pentingnya transformasi pendidikan di era digital, serta solusi yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya.
• Pendidikan Memanfaatkan Teknologi di Era Society 5.0: Artikel ini membahas tentang tantangan dan peluang pendidikan di era society 5.0, serta peran teknologi dalam mendukungnya.
• Pentingnya Pendidikan di Era Digital untuk Masa Depan: Artikel ini membahas tentang manfaat pendidikan di era digital untuk masa depan, serta cara-cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era digital.

One Reply to “Pendidikan Di Era Teknologi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *