info.speaksacademy.com

Runway Bandara VVIP IKN

CANDAAN DARI KETUA KNKT : BEDANYA ANTARA BISA DAN BOLEH

1). Orang masuk rumah bisa lewat jendela tetapi tidak boleh lewat jendela, masuk rumah boleh dan bisa lewat pintu.

2). Terkait dengan tulisan saya tg 10.09.2024 poin 11) Tukang Jahit.
Baju sudah selesai dijahit, tetapi kancing bajunya baru terpasang 3 masih kurang 2, apakah bisa dipakai?
Tukang Jahit akan mengatakan bajunya tidak boleh dipakai walaupun bisa dipakai, karena kancingnya belum lengkap. Orang yang menjahitkan baju pasti patuh dengan nasehat Tukang Jahitnya.

3). Bandara sudah dibangun ukurannya sudah sesuai target 2.200 × 45 m², tebal runway masih kurang 17 cm. Lebar Runway Strip masih kurang dari lebar minimal 2 × 70 m = 140 m.

a. Pilot B 737-800 bertanya kepada Kepala Bandara, apakah runwaynya bisa digunakan untuk landing dan takeoff pesawat tsb?

b. Ka Bandara yang bijak akan menjawab, walaupun pilot B 737-800 bisa landing dan takeoff tetapi tidak boleh landing dan takeoff di runway tsb, nunggu kalau tebal runway dll sudah selesai, sudah diuji dan memenuhi syarat.

c. Pilot yang profesional pasti patuh dengan nasehat Ka Bandara, yang tidak patuh biasanya orang² bukan pilot tetapi merasa sebagai pilot yang paling profesional.

4). Saya sebagai pensiunan guru bandara yang tidak punya pamrih berdoa semoga bulan September 2024 pesawat B 737 BBJ-2 landing di bandara BPN, tidak landing di bandara IKN, karena runwaynya belum lengkap. Kalau pesawat propeller bisa landing di bandara IKN, tetapi hanya sementara.

5). Pada saat menjadi guru bandara saya selalu mengajarkan kepada murid² sbb : Keselamatan Crew dan Penumpang pesawat adalah yang utama, bukan yang pertama.

Semoga bermanfaat.
JOG 11 September 2014.
Wardhani Sartono.
Pensiunan guru bandara.

One Reply to “Runway Bandara VVIP IKN”

  1. Bisa tapi tidak Boleh
    Bahasan Toleransi dan Threshold
    Toleransi threshold akan di abaikan di saat ada cawe2 kebijakan atau lebih tepatnya instruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *